Sabtu, 01 Agustus 2015

Keajaiban dalam berSUJUD



Assalamu’alaikum Warahmatullah....
Sahabatku sekalian, seperti yang telah kita ketahui SUJUD merupakan salah satu rukun sholat. Diriwayatkan dalam sebuah hadits : “Keadaan paling dekat  seorang hamba dengan Rabb-nya adalah ketika dia dalam keadaan sujud, maka perbanyaknya doa (didalamnya)” (HR. Muslim].
Sujud membuat kita merasa rendah diri dihadapan Allah Subhana wa Ta’ala .Sekali gus mengikis sifat sombong, riah, takabur dan sebagainya. Secara bathin, sujud merendahkan akal dan hati, sambil mengucapkan dzikr. Dan secara zahir melibatkan tujuh anggota badan yang tertumpu ke bumi: dahi, hidung, kedua telapak tangan, lutut dan kedua ujung kaki.
Menurut Dr Fidelma O’Leary, Phd sebagai neurologis (ahli syaraf), terdapat beberapa urat saraf di dalam otak  manusia yang tidak dimasuki darah sedangkan setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara normal dan sempurna. Hanya dengan melakukan sujud aliran darah itu akan berlaku dengan sempurna! Selain itu, sujud juga merupakan “aktivitas grounding”, yakni menetralisir radiasi listrik yang diserap tubuh dari perangkat listrik (elektronik) di sekitar kita. Dr. Muhammad Dhiyaa’uddin Hamid mengatakan bahwa radiasi itu akan sangat membahayakan organ tubuh, terutama otak, bila tidak dinetralisir secara rutin.
Tetapi urat saraf ini hanya memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja, yaitu pada waktu-waktu shalat yang telah ditetapkan (subuh, zuhur, ashar, maghrib, ‘isya). Subhanallah. Jadi, siapa yang tidak shalat maka urat ini tidak menerima darah, sehingga otaknya tidak berfungsi secara normal.
Karena letak otak di atas jantung, maka kata Prof Hembing, jantung hanya mampu membekalkan 20% darah ke otak manusia, jadi dibantu dengan sujud yang lebih lama agar menambah kekuatan aliran darah ke otak (Nabi saw menyuruh agar kita sujud lama-lama di raka’at terakhir, sambil banyak meminta semua keinginan kita).
Manfaat Sujud lama-lama ini untuk:
1.     Menambah kekuatan aliran darah ke otak untuk mengobati pening kepala dan migrain, menyegarkan otak serta menajamkan kecerdasan sekaligus menguatkan mentality seseorang.
2.     Melegakan sistem pernapasan.
3.     Melegakan paru-paru daripada ketegangan.
4.     Melegakan sakit hernia.
5.     Mengurangkan kesakitan bagi pesakit apendiks atau limpa.
6.     Kedudukan sujud adalah paling baik untuk mengistirahatkan dan mengimbangkan
bagian belakang tubuh.
7.     Meringankan bagian pelvis.
8.     Memberi dorongan supaya mudah tidur.
9.     Mencegah stroke
Pada saat sujud pembuluh darah nadi balik, dikunci di pangkal paha, sehingga tekanan darah akan lebih banyak dialirkan kembali ke jantung dan dipompa ke kepala. Posisi sujud adalah cara yang maksimal untuk mengalirkan darah dan oksigen ke otak dan anggota tubuh ke kepala. Posisi sujud adalah teknik terbaik untuk membongkar sumbatan pembuluh darah jantung sehingga mencegah penyakit jantung koroner, juga membuat pembuluh darah halus di otak mendapat tekanan lebih, sehingga boleh mencegah stroke.
10.   Organ terpenting yaitu otak kita juga akan menerima banyak bekalan darah dan oksigen.
11.   Mengelakkan pendarahan otak jika tiba-tiba menerima pengepaman darah ke otak secara kuat dan mengejut serta terhindar penyakit salur darah dan sebagainya.
12.   Bagi wanita, pergerakan otot itu menjadikan buah dadanya lebih baik,mudah
berfungsi untuk menyusukan bayi dan terhindar daripada sakit buah dada.
13.   Memperbaiki posisi bayi dalam rahim.
14.   Pergerakan bahagian otot sewaktu sujud juga boleh memudahkan wanita bersalin.organ peranakan mudah kembali ke tempat asal serta terhindar daripada sakit gelombang perut.(Convulsions).
15.   M mengurangi sakit saat haid.
16.   Memperbaiki posisi pinggang.
17.   Mengurangi kegemukan.
Subhanallah, sujud bagai vitamin yang menyehatkan bagi kesehatan tubuh kita, Allah sang Maha Pencipta yang benar-benar mengetahui apa saja yang terbaik bagi hamba-hambanya.
Subhanallah.Alhamdulillah.Allahuakhbar.
Laailaahaillallah.


Sumber : https://tausyah.wordpress.com/2012/02/10/keajaiban-sujud-bagi-kesehatan-serta-para-pakar-neurologi-yang-menjadi-muallaf-karena-saraf-saraf-tertentu-pada-otak-manusia-akan-dimasuki-darah-hanya-pada-saat-sujud/
http://www.yudhe.com/manfaat-sujud-bagi-kesehatan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar